Kelas jalan
adalah kelas I (Jalan Raya Primer). Menurut Peraturan PU Bina Marga bahwa kelas
jalan I meliputi :
-
Kecepatan Rencana (V) = 90 km/jam
-
Klasifikasi Jalan =
Datar
-
Volume lalu lintas rata
– rata (LHR) =
>20.000 SMP
-
Lebar daerah penguasaan
minimal =
60,00 m
-
Lebar perkerasan =
2 x 3,75 m
-
Lebar median minimum =
1,5 m (untuk 4 lajur)
-
Lebar bahu =
3,5 m
-
Lereng melintang
perkerasan =
2%
-
Lereng melintang bahu =
4%
-
Kemiringan tikungan
maximum =9,8%
-
Jari-jari lengkung
minimum (Rmin) =
300 m
-
Landai maximum =
3%
-
Jarak pandang henti
(JPH) =165
m
-
Jarak pandang
menyiap(JPM) =
670 m
-
Rmin dimana kemiringan tikungan tidak diperlukan = 2300
m
-
Rmin dimana harus
menggunakan busur peralihan = 1500 m
-
Landai relatif maximum
tepi perkerasan =1/240
II. DATA POLIGON TRASE
JALAN
-
Koordinat titik A : XA = 0 m
YA = 0 m
-
Koordinat titik PI1 :
XPI1 = 206
m
YPI1 = -129 m
-
Koordinat titik PI2 : XPI2 = 503 m
YPI2 = -132 m
-
Koordinat titik B :
XB = 713 m
YB = -43 m
III.
PERENCANAAN
ALIGNMENT
A.
Perhitungan
Lengkung Horizontal
Data – data sebagai
berikut :
∆1 = 31°28’30”
∆2 = 23°32’33”
dA-PI1 = 243,06 m
dPI1-PI2 = 297,02 m
dPI2-B = 228,08
m
1.
Perhitungan
Tikungan I
Dari tabel Peraturan
Perencanaan Geometrik Jalan raya diperoleh data-data sebagai berikut :
V = 90 Km/jam
Rmin = 300 m
R1 = 2300 m
R2 = 1500
m
emax = 9,8 %
Untuk Tmax diambil harga terbesar, maka Tmax = 247,11 m.
a.
Dicoba
dengan metode Full Circle (FC)
1.
Tanpa
perubahan kemiringan melintang
R ≥ R1 à2300 m
Diambil R = 2300 m
T1 = R.tg.1/2.∆1 ≤ Tmax
=2300.tg.(1/2.
31°28’30”)
= 648,13 > Tmax = 247,11 m ( Tidak Memenuhi ).
2.
Dengan
perubahan kemiringan melintang
R2 ≤ R à
R2 diambil = 1500 m
T1 =
R.tg.1/2.∆1 ≤ Tmax
= 1500.tg.(1/2. 31°28’30”)
= 422,69
m > Tmax = 247,11 m ( Tidak
Memenuhi ).
Kesimpulan
:Metode Full Circle (FC) tidak dapat dipergunakan.
b.
Dicoba
dengan metode Spiral – Circle – Spiral (S-C-S)
Syarat : Rmin < R < R1 à
emax = 9,8%
300 < R < 2300 à
e max = 9,8%
Misal :
R = 300 m ; Ls = 90
m ; e = 9,8 %
Dari tabel diperoleh :
θs = 8,5944°
p = 1,1241
k = 44,9663
x = 89,7977
y = 4,4928
Ts = (R + p) tg.1/2. ∆1 + k
= (300
+ 1,1241) tg. (1/2 . 31°28’30”) + 44,9663
= 129,82
< Tmax = 247,11 m. ( Memenuhi
).
θc
= ∆1 – 2 θs
= 31°28’30”
– 2. 8,5944°
= 14°17’10”
L = Lc + 2.Ls < 2 Ts
=
74,76 + 2 . 90 < 2 . 129,82
=
254,76 m < 259,64 m (
Memenuhi ).
Kesimpulan
: Metode Spiral – Circle – Spiral ( S-C-S) dapat digunakan pada tikungan I.
2.
Perhitungan
Tikungan II
Dari tabel Peraturan Perencanaan
Geometrik Jalan raya diperoleh data-data sebagai berikut :
V =
90 km/jam
Rmin = 300
m
R1 =2300
m
R2 = 1500 m
e max = 9,8%
Untuk Tmax diambil harga terbesar, maka Tmax = 149,89 m
a.
Dicoba
dengan metode Full Circle (FC)
1.
Tanpa
perubahan kemiringan melintang
R ≥ R1 à2300 m
Diambil R = 2300 m
T1 = R.tg.1/2.∆2 ≤ Tmax
=2300.tg.(1/2. 23°32’33”)
=
479,29 m > Tmax = 149,89 m ( Tidak Memenuhi ).
2.
Dengan
perubahan kemiringan melintang
R2 ≤ R à
R2 diambil = 1500 m
T1 = R.tg.1/2.∆2 ≤
Tmax
= 1500.tg.(1/2. 23°32’33”)
= 312,58
m > Tmax = 149,89 m ( Tidak Memenuhi )
Kesimpulan
: Metode
Full Circle ( FC ) tidak dapat dipergunakan.
b.
Dicoba
dengan metode Spiral – Circle – Spiral ( S – C – S ).
Syarat
: Rmin < R < R1
à
emax = 9,8%
300 < R < 2300 à
e max = 9,8%
Misal :
R = 300
m ; Ls = 90
m ; e = 9,8 %
Dari tabel diperoleh :
θs = 8,5944°
p = 1,1241
k = 44,9663
x = 89,7977
y = 4,4928
Ts = ( R + p ) tg.1/2. ∆2 + k
= (300
+ 1,1241) tg. (1/2. 23°32’33” )+ 44,9663
θc = ∆2 – 2 θs
=
23°32’33” – 2 . 8,5944°
L = Lc + 2.Ls < 2. Ts
= 33,25
+ 2 . 90 < 2. 107,72
= 213,25
m < 215,44 ( Memenuhi ).
Kesimpulan
: Metode Spiral – Circle – Spiral ( S-C-S) dapat digunakan pada tikungan II.
V. PELEBARAN PERKERASAN
PADA TIKUNGAN
A.
Skets Tikungan
Diketahui :
A = 1,20 m
P = 6,10 m
n = 2
Jalur
c = 0,80 m
bo = 2,25 m
B = n
(b’+c) + (n-1) Td + Z
Dimana :
B =
Lebar perkerasan pada tikungan (m)
n =
Jumlah jalur lalu lintas
b’ =
Lebar lintasan truk pada tikungan (m)
Td =
Lebar melintang akibat tonjokan depan (m)
Z =
Lebar tambahan akibat kelandaian pengemudi (m)
c =
kebebasan samping = 0,80
m
bo =
Lebar truk (m)
B. Tambahan
Pelebaran Perkerasan Tikungan I
V =90 km/jam
R =
300 m
n =
2 à
diambil 2 jalur
Lebar truck (bo) = 2,25 m
Rumus :.
B = n (b’+c) + (n-1) Td + Z
= 300
-
= 300
– 299,937
= 0,0267
=0,138 m
b’ = bo
+ b’’ = 2,25 + 0,063 = 2,313 m
B = n (b’+c) + (n-1) Td + Z
B = 2
(2,313 + 0,80) + (2-1) 0,0267 + 0,138 = 6,3907 m
Bn = 2 x
3,75
=
7,5 m
W = B –
Bn
= 6,3907 - 7,5 = -1,1093 m
Maka B
< Bn à
tambahan pelebaran perkerasan pada tikungan I tidak diperlukan.
C. Tambahan
Pelebaran Perkerasan Tikungan II
V =
90 km/jam
R =
300 m
n =
2 à
diambil 2 jalur
Lebar truck (bo) = 2,25 m
Rumus :.
B = n (b’+c) + (n-1) Td + Z
= 300
– 299,937
= 0,0267
=0,138
m
b’ = bo
+ b’’ = 2,25 + 0,063 = 2,313 m
B = n (b’+c) + (n-1) Td + Z
B = 2
(2,313 + 0,80) + (2-1) 0,0229 + 0,138 = 6,3907 m
Bn = 2 x
3,75
=
7,5 m
W = B –
Bn
= 6,3907 - 7,5 = -1,1093 m
Maka B
< Bn à
tambahan pelebaran perkerasan pada tikungan II tidak diperlukan.
0 komentar:
Posting Komentar