Senin, 14 Maret 2016

Mencari Tikungan Jalan Raya Dan Perencanaan Jalan Raya


I.         DATA - DATA PERENCANAAN
Kelas jalan adalah kelas I (Jalan Raya Primer). Menurut Peraturan PU Bina Marga bahwa kelas jalan I meliputi :
-          Kecepatan Rencana (V)                                              = 90 km/jam   
-          Klasifikasi Jalan                                                          = Datar
-          Volume lalu lintas rata – rata (LHR)                          = >20.000 SMP
-          Lebar daerah penguasaan minimal                              = 60,00 m
-          Lebar perkerasan                                                         = 2 x 3,75 m
-          Lebar median  minimum                                             = 1,5 m (untuk 4 lajur)
-          Lebar bahu                                                                  = 3,5 m
-          Lereng melintang perkerasan                                      = 2%
-          Lereng melintang bahu                                               = 4%
-          Kemiringan tikungan maximum                                  =9,8%
-          Jari-jari lengkung minimum (Rmin)                            = 300 m
-          Landai maximum                                                        = 3%
-          Jarak pandang henti (JPH)                                          =165 m
-          Jarak pandang menyiap(JPM)                                     = 670 m
-          Rmin dimana kemiringan tikungan tidak diperlukan  = 2300 m
-          Rmin dimana harus menggunakan busur peralihan     = 1500 m
-          Landai relatif maximum tepi perkerasan                     =1/240


 II.      DATA POLIGON TRASE JALAN
-       Koordinat titik A            :    XA    =  0 m
                                                  YA     =  0 m
-       Koordinat  titik PI1         :    XPI1  =  206 m
                                                  YPI1   =  -129 m
-       Koordinat titik PI2          :    XPI2  =  503 m
                                                  YPI2   =  -132 m
-       Koordinat titik B             :    XB    =  713 m
                                                  YB     =  -43 m



III.   PERENCANAAN ALIGNMENT
A.      Perhitungan Lengkung Horizontal
Data – data sebagai berikut :
∆1                           = 31°2830
∆2                           = 23°3233
dA-PI1                      =  243,06 m
dPI1-PI2                    =  297,02 m
dPI2-B                      =  228,08 m
1.        Perhitungan Tikungan I
Dari tabel Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan raya diperoleh data-data sebagai berikut :
V        =   90 Km/jam
Rmin   =   300 m
R1       =   2300 m
R2       =   1500 m
emax    =   9,8 %
Untuk Tmax diambil harga terbesar, maka Tmax = 247,11 m.
a.        Dicoba dengan metode Full Circle (FC)
1.      Tanpa perubahan kemiringan melintang
R ≥ R1 à2300 m
Diambil R = 2300 m
T1  = R.tg.1/2.∆1 ≤ Tmax
     =2300.tg.(1/2. 31°2830”)
     = 648,13 > Tmax = 247,11 m ( Tidak Memenuhi ).
2.      Dengan perubahan kemiringan melintang
R2 ≤ R à R2 diambil = 1500 m
T1  =  R.tg.1/2.∆1 ≤ Tmax
     =  1500.tg.(1/2. 31°2830”)
     = 422,69 > Tmax = 247,11 m ( Tidak Memenuhi ).
Kesimpulan :Metode Full Circle (FC) tidak dapat dipergunakan.
b.        Dicoba dengan metode Spiral – Circle – Spiral (S-C-S)
Syarat :  Rmin < R < R1 à emax = 9,8%
              300 < R < 2300 à e max = 9,8%
Misal :
R  =  300 m ; Ls   = 90 m ; e = 9,8 %
Dari tabel diperoleh :
θs  = 8,5944°
p   = 1,1241
k   = 44,9663
x   = 89,7977
y   = 4,4928
Ts = (R + p) tg.1/2. ∆1 + k
= (300 + 1,1241) tg. (1/2 . 31°2830”) + 44,9663
     = 129,82 < Tmax = 247,11 m. ( Memenuhi ).
 

Es = 12,85 m
        θc = ∆1 – 2 θs
            = 31°2830” – 2. 8,5944°
= 14°1710
       Lc = 74,76 m
     L     = Lc + 2.Ls                 <  2 Ts
            = 74,76 + 2 . 90           <  2 . 129,82
            = 254,76 m                  <  259,64 m ( Memenuhi ).
Kesimpulan : Metode Spiral – Circle – Spiral ( S-C-S) dapat digunakan pada tikungan I.


2.        Perhitungan Tikungan II
Dari tabel Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan raya diperoleh data-data sebagai berikut :
V              = 90 km/jam
Rmin          = 300 m
R1                         =2300 m
R2                         = 1500 m
e max          = 9,8%
Untuk Tmax diambil harga terbesar, maka Tmax = 149,89 m
a.        Dicoba dengan metode Full Circle (FC)
1.    Tanpa perubahan kemiringan melintang
R ≥ R1 à2300 m
Diambil R = 2300 m
T1 = R.tg.1/2.∆2 ≤ Tmax
     =2300.tg.(1/2. 23°3233”)
     = 479,29 m > Tmax = 149,89 m ( Tidak Memenuhi ).
2.    Dengan perubahan kemiringan melintang
R2 ≤ R à R2 diambil = 1500 m
T1 =  R.tg.1/2.∆2 ≤ Tmax
     =  1500.tg.(1/2. 23°3233”)
     = 312,58 m > Tmax = 149,89 m ( Tidak Memenuhi )
Kesimpulan : Metode Full Circle ( FC ) tidak dapat dipergunakan.

b.        Dicoba dengan metode Spiral – Circle – Spiral ( S – C – S ).
Syarat :  Rmin < R < R1 à emax = 9,8%
              300 < R < 2300 à e max = 9,8%
Misal :
R  =  300 m ; Ls   = 90 m ; e = 9,8 %
Dari tabel diperoleh :
θs  = 8,5944°
p   = 1,1241
k   = 44,9663
x   = 89,7977
y   = 4,4928
Ts = ( R + p ) tg.1/2. ∆2 + k
     = (300 + 1,1241) tg. (1/2. 23°3233” )+ 44,9663
     = 107,72 m < Tmax =  149,89 m   ( Memenuhi ).
Es = 7,59 m
θc  = ∆2 – 2 θs
     = 23°3233” – 2 . 8,5944°
     = 6°2113
Lc = 33,25 m
L          = Lc + 2.Ls                 <  2. Ts
            = 33,25 + 2 . 90           <  2. 107,72
     = 213,25   m                <  215,44 ( Memenuhi ).
Kesimpulan : Metode Spiral – Circle – Spiral ( S-C-S) dapat digunakan pada tikungan II.

V.      PELEBARAN PERKERASAN PADA TIKUNGAN
A.     Skets Tikungan

Diketahui        :
A         = 1,20 m
P          = 6,10 m
n          = 2 Jalur
c          = 0,80 m
bo        = 2,25 m
B         = n (b’+c) + (n-1) Td + Z

Dimana            :
B         = Lebar perkerasan pada tikungan (m)
n          = Jumlah jalur lalu lintas
b’         = Lebar lintasan truk pada tikungan (m)
Td        = Lebar melintang akibat tonjokan depan (m)
Z          = Lebar tambahan akibat kelandaian pengemudi (m)
c          = kebebasan samping = 0,80 m
bo        = Lebar truk (m)

B.   Tambahan Pelebaran Perkerasan Tikungan I
V         =90 km/jam
R         = 300 m
n          = 2 à diambil 2 jalur
Lebar truck (bo) = 2,25 m
Rumus :.
          B  = n (b’+c) + (n-1) Td + Z
b’        = R -
            = 300 -                                
            = 300 – 299,937
            = 0,063 m
Td        = 0,0267 m
Z          = Td                       
            = 0,0267
=0,138 m
b’         = bo + b’’        = 2,25 + 0,063 = 2,313 m
B         = n (b’+c) + (n-1) Td + Z
B         = 2 (2,313 + 0,80) + (2-1) 0,0267 + 0,138 = 6,3907 m
Bn       = 2 x 3,75
            = 7,5 m
W        = B – Bn
            = 6,3907 - 7,5 = -1,1093 m
Maka B < Bn à tambahan pelebaran perkerasan pada tikungan I tidak diperlukan.

C.   Tambahan Pelebaran Perkerasan Tikungan II
V         = 90 km/jam
R         = 300 m
n          = 2 à diambil 2 jalur
Lebar truck (bo) = 2,25 m
Rumus :.
          B  = n (b’+c) + (n-1) Td + Z
b’’        = R -300 -                                
            = 300 – 299,937
            = 0,063 m
Td        = 0,0267 m
Z          = Td                       
            = 0,0267
=0,138 m
b’         = bo + b’’        = 2,25 + 0,063 = 2,313 m
B         = n (b’+c) + (n-1) Td + Z
B         = 2 (2,313 + 0,80) + (2-1) 0,0229 + 0,138 = 6,3907 m
Bn       = 2 x 3,75
            = 7,5 m
W        = B – Bn
            = 6,3907 - 7,5 = -1,1093 m
Maka B < Bn à tambahan pelebaran perkerasan pada tikungan II tidak diperlukan.




Mencari Tikungan Jalan Raya Dan Perencanaan Jalan Raya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar